Selasa, 26 Februari 2008

MANFAAT INTERNET

Banyak hal dapat dilakukan dengan internet, diantaranya dengan adanya fasilitas WWW (World-Wide-Web). Fasilitas WWW dapat dibayangkan sebagai suatu perpustakaan yang sangat luas, di-dalamnya berisi: majalah, koran, buku ilmiah, etalase, film, kaset, photo, dll. Dengan fasilitas ini, kita dapat melihat berbagai keterangan mengenai produk-produk ataupun berbagai informasi secara tidak terbatas

Gambar disamping menunjukkan web dari Universitas Dian Nuswantoro yang dapat di-access melalui fasilitas WWW dengan alamat www.dinus.ac.id

E-Mail memungkinkan kita mengirim dan menerima surat secara elektronis, dimana waktu yang diperlukan untuk melakukan pengiriman hanya dalam satuan detik dan menit. Di samping itu, kita juga dapat menerima surat-surat yang ditujukan kepada kita, tanpa harus berada pada lokasi tertentu untuk membacanya; kita hanya memerlukan suatu komputer dengan kemampuan akses Internet.

Apabila kita ingin berkomunikasi secara global dengan sekelompok orang mengenai topik tertentu secara interaktif, gunakan fungsi IRC.

Untuk mengambil ataupun mengirimkan file, kita dapat menggunakan fasilitas FTP

Seandainya kita ingin berbicara dengan kawan ataupun partner bisnis yang berada di-dalam negri ataupun luar negri, gunakanlah fasilitas Internet-Phone. Selain kita dikenakan biaya pulsa local, lawan bicara kita juga akan muncul pada layar monitor.

Usenet adalah sistem kelompok diskusi dimana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. Usenet mempunyai ribuan kelompok diskusi, sehingga tidaklah mengherankan bahwa Usenet dapat meliputi segala macam topik diskusi yang kita inginkan.

Dengan adanya fasilitas E-Commerce (Electronic Commercial), maka transaksi penjualan bisa dilakukan melalui internet. Barang-barang yang ditawarkan ditampilkan dalam bentuk foto berikut data specifikasi teknis beserta harganya. Pembeli kemudian mengisi formulir yang telah disediakan sambil menyebut nomor kartu kredit yang dimiliki. Setelah menerima data dan kiriman uang, penjual segera mengirim barang kealamat pembeli

Search Engine, merupakan suatu fasilitas yang terdapat di dalam internet dan dapat digunakan untuk mencari suatu data yang di input oleh pemakai Internet, sehingga dapat menemukan web site yang diperlukan dengan cepat. Ini mengingat bahwa World Wide Web telah menyebar ke seluruh dunia.

Misalnya kita lupa atau tidak mengetahui alamat ataupun Web-site dari Universitas Dian Nuswantoro, dalam hal ini kita bisa memanfaatkan fasilitas search engine yang ada. Ketik Dian Nuswantoro pada search-engine tersebut.

Hasilnya bisa kita lihat, seluruh data yang mengandung kata dian nuswantoro akan ditampilkan pada layar, sehingga kita bisa menemukan alamat yang kita cari.

Selain yahoo.com, ada beberapa search engine lainnya yang dapat digunakan diantaranya: altavista.com, excite.com, askjeeves.com, goto.com, webcrawler.com, google.com.

Tidak ada komentar:

Kolom blog 

tutorial www.m-ikhsan.co.cc